Friday, May 21, 2004

PDAM Akan Bangun Tiga Penampung Sumber Air - Jumat, 21 Mei 2004

Source: PDAM Akan Bangun Tiga Penampung Sumber Air - Jumat, 21 Mei 2004: "PDAM Akan Bangun Tiga Penampung Sumber Air
Bandung, Kompas - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung akan membangun tempat penampungan di tiga titik sumber air. Tiga sumber air tersebut yaitu Ciwangun, Cikareo, dan Ciburial yang ada di Bandung Utara.
Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung Dada Rosada, ketika meninjau tiga sumber air yang berada di Kabupaten Bandung, Rabu (19/5).
Dada menjelaskan, di masing-masing sumber air itu akan dibangun satu reservoir yang dimulai tahun 2004 ini hingga tahun 2006 mendatang, karena dananya hanya memadai untuk membangun satu reservoir per tahunnya.
Pembangunan reservoir ini ditujukan untuk melayani kebutuhan air bersih untuk warga Bandung yang selama ini baru bisa terpenuhi sekitar 53 persen. Diharapkan dengan reservoir baru, kenaikannya dapat meningkat menjadi 80 persen.
Kebutuhan air bersih warga Kota Bandung saat ini mencapai sekitar 6.000 liter per detik. Sementara yang dapat disediakan PDAM baru separuhnya, yaitu sekitar 3.000 liter per detik.
Dijelaskan lebih jauh, pembangunan akan dimulai dari Ciwangun, Ciburial, dan yang terakhir Cikareo. Dana yang dibutuhkan untuk membangun masing-masing reservoir mencapai Rp 3 miliar. Untuk kekurangannya, diharapkan dapat tertutupi tahun 2007 dengan adanya program Sungai Cikapundung bersih.
Selama ini, mata air di Cikareo dan Ciburial sudah digunakan masyarakat sekitar untuk mencuci, memasak, dan mandi. Sedangkan di Ciwangun, karena mata airnya yang terpencil, hampir tidak ada yang memanfaatkan kecuali beberapa orang yang kadang-kadang berkemah di sana.
Sumber air Ciwangun sudah dimanfaatkan sejak zaman Belanda, tepatnya tahun 1920. Debit airnya yang sekitar 300 liter per detik telah memenuhi kebutuhan air sebagian warga Bandung Utara.
Direktur Air "