Wednesday, July 21, 2004

Untuk Pasokan PDAM Cianjur Pemkab Dukung Manfaatkan Sumber Air di Bekas Galian

Source: Pikiran Rakyat

CIANJUR, (PR)
Pemkab Cianjur mendukung penuh rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat untuk memanfaatkan air di danau bekas galian pasir yang ada di daerah Cikahuripan dan Gekbrong sebagai pasokan sumber air baku.

Bahkan, menurut Bupati Cianjur Ir. Wasidi Swastomo, M.Si., pihaknya akan segera mewujudkan rencana tersebut sebelum tahun 2006. "Saya mendukung sepenuhnya rencana pihak PDAM memanfaatkan air di bekas galian pasir di daerah Gekbrong sebagai sumber air baku dan rencana tersebut kami upayakan untuk direalisasikan sebelum tahun 2006," ujar Wasidi yang ditemui seusai pencanangan penanaman sejuta pohon di Lapangan Joglo, Selasa (20/7).

Wasidi juga mengungkapkan sebelumnya Pemkab Cianjur tengah berpikir untuk melakukan kegiatan reklamasi terhadap kerusakan alam di lokasi bekas galian pasir yang ada di daerah Cikahuripan dan Gekbrong. Namun, gagasan dari pihak PDAM untuk memanfaatkan air di danau-danau bekas galian tersebut sebagai sumber air baku, lebih realistis dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Awalnya kami akan melakukan reklamasi terhadap bekas galian pasir di Gekbrong, tetapi gagasan dari PDAM untuk menggunakannya sebagai sumber air baku ternyata lebih realistis," kata Wasidi.

Mengenai sumber dana untuk membiayai kegiatan PDAM tersebut, menurut Wasidi, pihaknya akan mengalokasikan dana dari APBD Cianjur dan sebagian lagi akan diupayakan dari bantuan pemerintah pusat dan provinsi. "Dari perhitungan yang dibuat PDAM, pembangunan unit pengolahan dan pembuatan jaringan pipa membutuhkan dana sekira Rp 30 sampai dengan Rp 40 miliar," papar Wasidi.

Kepala Bagian Produksi dan Distribusi PDAM Cianjur Budi Karyawan mengungkapkan saat ini PDAM Kab. Cianjur hanya mampu memproduksi air bersih sebanyak 230 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan sekira 25.099 pelanggan.

Dengan keterbatasan sumber air baku yang dihadapi PDAM, permohonan ribuan warga untuk menjadi pelanggan baru kemungkinan tidak akan terpenuhi. Salah satu solusinya adalah dengan mencari sumber air baku lain dan belum lama ini PDAM punya gagasan untuk memanfaatkan air di danau bekas galian pasir yang ada di daerah Cikahuripan dan Gekbrong.