Saturday, August 28, 2004

Dalam Menyikapi Kompensasi Air dari Kuningan (Response to water compensation from Kuningan)

Source: Pikiran Rakyat

Wali Kota Subardi Dinilai "Ngeyel"

KUNINGAN, (PR).-
Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda menilai, Wali Kota Cirebon Subardi, S.Pd., ngeyel dan tidak menunjukkan keseriusan dalam menyikapi ajakan pihaknya untuk melakukan kerja sama dan sekaligus memberikan kontribusi atas pemanfaatan air dari wilayah Kuningan untuk air baku PDAM Kota Cirebon.

English Translation

The H. Aang Hamid Suganda Kuningan regent considered, the Mayor Cirebon Subardi, S. to., ngeyel and did not point out seriousness in responding to his team's invitation to do the co-operation and at the same time giving the upper contribution of the utilisation of the water from the Kuningan territory for the standard water PDAM the Cirebon City.


'Saya lihat Wali Kota ngeyel tuh,' ujarnya, ketika dimintai keterangan mengenai perkembangan terakhir atas desakan pihaknya itu yang kini tengah dalam proses lobi dan pengkajian antara tim kecil dari unsur Pemkab Kuningan dan Pemkab Cirebon.
Bupati Aang yang ditemui 'PR' usai membuka acara Konkerkab PGRI Kabupaten Kuningan di Hotel Ayong, Kecamatan Cilimus, Jumat (27/8), menyebutkan sikap Wali Kota Subardi seperti itu, antara lain terlihat ketika dirinya melangsungkan pertemuan dengan Subardi di Pendopo Kuningan, Kamis (19/8). Dalam pertemuan tahap awal khusus membahas permintaan Pemkab Kuningan tentang kerja sama dan kompensasai pemanfaatan air, menurut Aang, Wali Kota Cirebon terkesan pasif.
'Awalnya Pak Subardi mengatakan siap membantu, tapi kelihatannya kurang serius atau bisa disebut kurang tanggap. Contohnya, waktu diadakan pertemuan antara tim kecil dari Kuningan dengan tim dari Kota Cirebon di Bakorwil Cirebon Senin malam kemarin, banyak pejabat Pemkot Cirebon yang dilibatkan dalam tim kecilnya tidak hadir,' ungkapnya. Untuk itu Aang menyatakan jika dalam seminggu ke depan tidak ada perkembangan positif, dirinya akan mengajak dan mengadakan pertemuan lagi langsung dengan Wali Kota Cirebon.
Dalam kesempatan itu, Bupati Aang kepada 'PR' menyatakan dirinya tidak akan berhenti memperjuangkan kompensasi dari Cirebon, atas pemanfaatan air dari wilayahnya. 'Saya ingi"