Saturday, August 07, 2004

Pemprov Jateng Berikan Bantuan Air Bersih (Central Java Government helps with clean water)

Source: Pikiran Rakyat

PURWOKERTO, (PR).-
Mengantisipasi datangnya musim kemarau, Pemerintah Provinsi Jateng telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 2.400 tanki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter/tanki atau senilai Rp 72 juta untuk 11 kabupaten/kota di wilayah Badan Koordinasi Pembangunan Lintas Kabupaten/Kota (Bakorlin) III. Bantuan tersebut belum termasuk sarana lain.

English Translation

Anticipated the arrival of the dry season, the Central Javan Government of the Province distributed clean help of the water totalling 2.400 clean water tanks with the capacity 5.000 litre/the tank or with a value of Rp 72 million for 11 regencies/the city in the territory of the Body of the Co-ordination of the Development of the Regency Passage/the City (Bakorlin) III. this Help not yet including other means.


Kepala Bakorlin III, Drs. Tjipto Hartono melalui Kepala Bidang Hubungan Antarlembaga Drs. Djoko Santoso mengatakan, bantuan tersebut diprioritaskan kepada kabupaten atau kota yang memiliki daerah rawan kering.
Di luar bantuan air bersih dari gubernur, Bakorlin III telah menyiapkan 6 unit mobil tanki air. Keenam mobil itu, 4 unit disiapkan di wilayah Banyumas dan 2 unit di wilayah Pekalongan.
'Untuk mengantisipasi itu, Bakorlin III sudah menyiapkan armada tanki dengan air bersihnya yang siap diterjunkan ke desa-desa di wilayah eks-Karesidenan Banyumas dan Pekalongan,' kata Djoko kepada pers, kemarin.
Ada 11 kabupaten/kota di Bakorlin III yang rawan bencana kekeringan dan penduduknya kesulitan air bersih saat kemarau. Kasus tersebut terdapat pada 420 desa di 90 kecamatan dengan jumlah penduduk 241.990 KK atau 1.093.936 jiwa.
Ke-11 kabupaten/kota yang penduduknya kesulitan air bersih di musim kemarau itu adalah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kota Tegal, dan Kota Pekalongan.
Untuk Kabupaten Banyumas, terdapat 41 desa tersebar di 12 kecamatan dengan jumlah 10.609 KK atau kurang lebih terdapat 53.045 jiwa. Di Kabupaten Cilacap terdapat 46 desa di 12 kecamatan dengan dengan jumlah 31.820 KK atau 125.431 jiwa.
Bantuan air bersih Di Kabupaten Purbalingga, ada 87 desa yang tersebar di 15 kecamatan meli"