Wednesday, October 13, 2004

Warga Cikadu & Nusaherang Jamin Keamanan Pipa PDAM (Cikadu & Nusaherang PDAM Guarantee for Pipe Security.)

Source: Pikiran Rakyat

Kompensasi Perbaikan Saluran Irigasi

KUNINGAN, (PR).-
Masyarakat Desa Nusaherang dan Desa Cikadu, Kecamatan Nusaherang secara lisan telah menyatakan siap menjaga dan menjamin tidak akan terjadi lagi aksi perusakan terhadap dua saluran pipa Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) yang melintasi desanya.

English Translation

Compensation of the Improvement of the Irrigation Channel

KUNINGAN, (PR) .-
The Nusaherang Village community and the Cikadu Village, the Nusaherang Subdistrict orally said was ready guarded and guaranteed will not happen again the destruction action of two channels of the pipe of the Company of the area of the Drinking Water (PDAM) that crossed his village.


Adanya jaminan pengamanan dari masyarakat terhadap pipa PDAM tersebut, dikemukakan Direktur PDAM Kuningan, Setiawan Rukmana, Selasa (12/10) saat ditanya "PR" mengenai hasil yang telah diperoleh dalam upayanya menangani munculnya aksi perusakan pada dua rangkaian pipa PDAM di kedua desa tersebut, yang telah belasan kali terjadi dalam sebulan terakhir ini.

Diterangkan Setiawan Rukmana, menyusul munculnya kasus tersebut, dalam sepekan terakhir ini, pihaknya bersama camat dan Muspika Kecamatan Nusaherang, beserta aparat desa di kedua desa tersebut, telah mengadakan sosialisasi mengenai keberadaan dan fungsi dari pipa tersebut.

Dalam acara sosialisasi terhadap masyarakat yang dilakukan atas petunjuk dari Bupati Kuningan itu, sekaligus diarahkan untuk menyadarkan masyarakat supaya ikut menjaga dan mengamankan hasil-hasil pembangunan Pemkab Kuningan yang ada di daerahnya masing-masing, termasuk terhadap pipa PDAM yang menjadi penyangga kebutuhan air masyarakat luas.

Ditanya apakah masyarakat di kedua desa tersebut meminta kompensasi, kepada PDAM atau Pemkab Kuningan dibalik pemberian jaminan atas keamanan pipa PDAM tersebut, menurut Setiawan Rukmana, masyarakat di kedua desa tersebut, meminta supaya saluran irigasi untuk mengairi areal pertanian di sekitar lokasi perusakan pipa PDAM, diperbaiki.

"Usulan itu pun, sudah kami sampaikan ke Dinas Sumber Daya Air dan Mineral Kuningan yang memiliki kewenangan di bidang itu," katanya.

Seperti diberitakan "PR" (Kamis, 7/10), dua rangkaian pipa PDAM penyalur air dari sumber mata air Cijambar Desa Cijambar Kecamatan Nusaherang, dalam sebulan terakhir telah 11 kali dijebol dan dibocorkan oleh oknum masyarakat di kedua desa tersebut. Aksi perusakan terhadap kedua pipa pemasok air PDAM untuk sejumlah pelanggan di seputar Kecamatan Kadugede, Kelurahan Cigadung Kecamatan Cigugur.