Monday, March 28, 2005

Waduk Cihurip Masuki ”Feasibility Study” (Cihurip Reservoir ”Feasibility Study”)

Source: Pikiran Rakyat



Jika Layak, Akan Dibangun 2006

KUNINGAN, (PR).-
Rencana pembangunan Waduk Cihurip di Desa Cihurip Kec. Ciawigebang Kab. Kuningan, kini tengah menghadapi tahapan uji kelayakan (feasibility study) secara teknis. Jika lolos uji kelayakan, baik teknis maupun finansial, waduk yang direncanakan memiliki volume air sekira 10 juta meter3 ini, ditargetkan mulai dibangun tahun 2006 mendatang.

Menurut informasi yang diperoleh "PR", Minggu (27/3), tim yang terkait dengan masalah tersebut, baik dari tingkat kabupaten maupun pusat, belakangan kerap mengunjungi lokasi, sebagai bahan pembahasan tahapan-tahapan, sekaligus upaya menyosialisasikan rencana waduk itu kepada masyarakat di sekitar bakal lokasi waduk tersebut.

English Translation

If Suitable, will be built 2006

KUNINGAN, (PR).-
the Cihurip Plan of the development of the Reservoir in the Cihurip Kec Village. Ciawigebang Kab.Kuningan, currently deals with the stage of the appropriateness test (feasibility study) technically. If slipping away the appropriateness test, both technical and financial, the reservoir that was planned had the volume of water approximately 10 million meter3 this, was aimed at began to be built this coming 2006.

According to information that was received by "PR", on Sunday (27/3), the team that was related to this problem, both from the level and the centre, of the regency later often visited the location, as the material of discussions of the stages, at the same time efforts menyosialisasikan the reservoir plan to the community around would this location of the reservoir.


Rencana pembangunan Waduk Cihurip ini, merupakan bagian dari program pemerintah pusat, untuk menopang air baku industri, pertanian dan konsumsi, terkait dengan rencana rencana Cirebon menjadi kota industri dan kota pelabuhan. Kebutuhan air, dipastikan akan meningkat sangat tinggi, mengingat Kuningan merupakan daerah pasokan air bagi kebutuhan industri maupun rumah tangga di wilayah Cirebon. Di samping, juga sebagai upaya konservasi sumberdaya air bagi wilayah Kuningan kawasan timur.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan (SDAP) Kuningan, Ir. Abdul Kodir, membenarkan, jika pihak terkait dengan rencana pembangunan Waduk Cihurip, kini tengah menggodok berbagai kesiapan awal. Diakuinya pula, pembangunan waduk tersebut merupakan program pusat, di mana tujuannya untuk mengatasi kerawanan air baku, baik untuk irigasi, industri, pertanian dan air bersih di wilayah Kuningan Timur.

"Kebutuhan air di masa mendatang, apalagi dikaitkan dengan rencana Cirebon menjadi kota industri dan kota pelabuhan. Kebetulan, Kuningan wilayah timur, termasuk daerah yang tangkapan airnya kritis akibat banyaknya hutan yang dibabat, sehingga perlu adanya alternatif untuk konservasi sumberdaya air," jelasnya.

Menurut Abdul Kodir, masalah kebutuhan anggaran untuk pembangunan waduk, belum dapat diketahui secara pasti, karena masih dalam hitungan dan pengkajian. Hanya, menurutnya, secara fisik, volume aktif waduk yang akan dibangun tersebut, sebesar 2,7 juta meter3, sedangkan kedalaman setinggi 43 meter. Sedangkan luas genangan mencapai 1,2 km2, dengan volume tampungan 10 juta meter3, dan luas permukaan waduk pada MFL seluas 120 hektare.

Dari DAS Cipanundah

Sumber air waduk tersebut, lanjut Kodir, berasal dari DAS Cipanundah. Karena itu, pihaknya bersama aparat Departemen PU dalam hal itu PIPWAS Cimanuk-Cisanggarung, tengah menggodok rencana pembangunan, termasuk di dalamnya uji kelayakan. Jika tahapan studi kelayakan (feasibility study) baik fisik maupun anggaran berjalan lancar, layak dan disetujui, maka langkah selanjutnya akan dibuatkan detail engenering design (DED) atau perencanaan detail.

"Tapi, pembangunan waduk ini, direncanakan bisa dimulai tahun 2006 mendatang. Sehingga, berbagai tahapan itu, harus diupayakan selesai tahun 2005 ini juga. Dengan begitu, pada awal tahun 2006, projek pembangunan Waduk Cihurip ini, sudah bisa memasuki tahapan tender. Dan masyarakat di sekitar bakal lokasi, sangat mendukung rencana ini," ucapnya.