Friday, May 27, 2005

Ribuan Warga Belum Nikmati Air Bersih (Thousands of citizens do not yet enjoy Clean Water)

Source: Suara Pembaruan



Suara Pembaruan - 26 Mei 2005

TANGERANG - Sebanyak 60.000 warga di Kabupaten Tangerang, terutama yang bermukim di wilayah utara, belum bisa menikmati air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR). Belum terpenuhinya kebutuhan air bersih tersebut karena PDAM belum memiliki jaringan pipa.

"Kami belum bisa memenuhi permintaan yang cukup banyak karena keterbatasan jaringan," ujar Anda Suhanda, Kepala Bagian Humas dan Pelayanan PDAM TKR Kabupaten Tangerang kepada Pembaruan, Senin (23/5).

English Translation

Suara Pembaruan - May 26 2005

Tangerang - Totalling 60,000 citizens in the Tangerang Regency, especially that settled in the north territory, was not yet able to enjoy clean water from the regional Company of the Kerta Raharja Water Drinking Water (PDAM TKR). That not yet the fulfilment of the requirement for this clean water because of PDAM did not yet have the network of the pipe.

"We were not yet able to comply with the request that enough because of the limitations of the network", said you Suhanda, the Division Head public relations and the Service of PDAM TKR the Tangerang Regency to Reform, Monday (23/5).


Menurut Anda, warga yang belum menikmati air bersih memang harus menunggu, karena saat ini PDAM masih melakukan perbaikan dan pergantian pipa-pipa yang sudah tua, yang selama ini menyuplai air ke 33.000 pelanggan, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang. "Perbaikan pipa itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang banyak dikeluhkan pelanggan. Kami belum bisa menargetkan kapan perbaikan atau penggantian jaringan pipa tersebut selesai. Sampai saat ini, kami terus melakukannya," ujarnya.

Anda mengatakan, pipa-pipa jaringan itu harus diperbaiki atau diganti karena kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dipakai lagi.

"Sudah tua, sehingga sudah keropos. Kondisi ini sangat mempengaruhi aliran air yang masuk ke para pelanggan," kata Anda.

Ia menjelaskan, pemenuhan air bersih untuk ribuan warga yang tersebar di Kabupaten Tangerang pasti akan dilakukan PDAM TKR, meski waktunya belum pasti.

"Karena hal tersebut sudah merupakan bagian dari rencana kami. Kami akan mengupayakan bisa melayani dan memenuhi kebutuhan air untuk warga," ujarnya.